Sabtu, 22 September 2012

BAKAT BERNYANYI 1

BAKAT BERNYANYI ???

Bagi yg Minat dan Bakatnya Bernyanyi wajib dibaca ya :D

Pertama kita harus mengenal TEKNIK DASAR LATIHAN VOKAL yaitu PERNAFASAN. 

Pernapasan sangat berpengaruh terhadap suara, napas yang keluar dari paru-paru akan menggetarkan pita suara dalam kerongkongan dengan alat-alat suara yang lain sehingga menghasilkan bunyi. Untuk dapat mengatur kelenturan suara, kita juga harus dapat mengatur pernapasan. Agar pada saat kita bernyanyi nafas yang kita miliki tidak kedodoran atau habis.

Jenis-jenis Pernapasan

Ada tiga jenis pernapasan yang sering dipakai waktu kita bernyanyi, yaitu:

1.Pernapasan Dada
Terjadi apabila rongga dada mengembang dan perut mengempis sewaktu menarik napas. Rongga dada, bahu, dan leher yang tegang menyebabkan trachea, bronchie, dan paru-paru menjadi ikut tegang. Suara yang dihasilkan akan menjadi kaku dan wilayah suaranya (ambitus) menjadi terbatas. Pernapasan dada tidak dianjurkan untuk bernyanyi, dan jika dilakukan secara terus-menerus malah bisa membahayakan paru-paru serta merusak pita suara yang anda miliki.

2.Pernapasan Perut
Pernapasan perut terjadi apabila perut ikut mengembang sewaktu menarik napas. Cara pernapasan ini memang tidak mengakibatkan ketegangan pada rongga dada, leher, maupun bahu, tetapi tidak mendukung pada suara yang dikeluarkan melalui mulut, apalagi untuk suara tinggi dan bervolume besar dan biasanya penyanyi yang menggunakan pernafasan perut hanya bisa penyanyi suara 2.

3.Pernapasan Diafragma
Terjadi apabila sekat rongga badan ikut mengembang sewaktu menghirup napas. Sekat ini terletak diantara rongga dada dan rongga perut. Pernapasan diafragma merupakan cara yang efektif untuk bernyanyi dan tidak mengganggu organ tubuh lainnya. Selain itu pernapasan diafragma dapat memberi dukungan pada suara yang dikeluarkan, ambitus suara dapat mencapai wilayah yang maksimal.
Kontrol pernapasan diafragma sangat dipengaruhi oleh cara kerja diafragma. Diafragma berfungsi sebagai otot penggerak pernapasan yang membantu proses menghirup, menahan dan menghembuskan napas. Agar dapat mengatur pernapasan dengan sempurna diperlukan sikap badan yang baik, yaitu: Kepala tegak tetapi tidak kaku, bahu tegap dan rileks, dada membusung, punggung lurus.


Latihan Pernapasan
Latihan pernapasan yang intensif dapat membantu kita memperoleh suara yang murni. Berikut ini ada beberap tips untuk berlatih pernapasan.
1. Lakukanlah di ruangan terbuka, atau setidaknya di dalam tuangan dengan sirkulasi udara yang memadahi.
2. Jangan menggunakan pakaian yang ketat.
3. Lakukan pada pagi hari agar mendapatkan udara yang bersih, atau setelah turun hujan agar tidak banyak debu.
4. Lakukan secara rutin dan berangsur meningkat. Sebagai gambaran, pertama lakukanlah latihan pernapasan selama 5 menit dengan berlatih menahan napas selama 5 detik. Kemudian hari berikutnya, tingkatkan menjadi 7 detik, dan seterusnya.
5. Usahakan agar bahu tidak terangkat saat menarik napas. Perhatikanlah, agar tulang rusuk bagian bawah yang mengembang ke samping.
6. Hiruplah udara melalui hidung.
7. Hembuskan napas melalui mulut dengan suara mendesis “sss atau fff” pada permulaan, lau dengan suara “aaahhh.”

Bersambung.....




 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar